Memahami Pendidikan Kemuhammadiyahan


BAB I
Mengenal Kemuhammadiyahan

(rangkuman ini dapat didownload di sini)

      A. Pengertian Kemuhammadiyahan   

            “Ke-Muhammmadiyah-an”, mula-mula berarti sesuatu yang menggambarkan tentang Muhammadiyah. Pelajaran Kemuhammadiyahan mulai dikembangkan oleh para kepala sekolah dan guru, yang mereka adalah para Pimpinan Muhammadiyah dengan maksud untuk mengenalkan Muhammadiyah kepada para peserta didik Muhammadiyah.
Secara bahasa, pendidikan Kemuhammadiyahan adalah pendidikan atau pelajaran tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pengikut Nabi Muhammad saw. Sehingga pendidikan Kemuhammadiyahan didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan persyarikatan Muhammadiyah.

      B. Tujuan Pendidikan Kemuhammadiyahan:
  1. Memberikan pengertian bahwa Muhammadiyah adalah sebuah gerakan amar ma’ruf nahi munkar.
  2. Memberikan pengertian bahwa Muhammadiyah adalah sebuah gerakan amar ma’ruf nahi munkar.
  3. Memberi bekal kepada setiap pelajar Muhammadiyah, agar menjadi kader yang tangguh. Guna melangsungkan cita-cita dan Amal Usaha Muhammadiyah.
  4. Mendidik pelajar Muhammadiyah untuk berkepribadian muslim, dalam rangka mempersiapkan kehidupan Islami ditengah masyarakat.
  5. Menumbuhkan jiwa pembaharu (tajdid) bagi pelajar Muhammadiyah.
  6. Memberikan pengertian bahwa Muhammadiyah memiliki peran bagi pembinaan generasi muda melalui pendidikan.
  7. Siswa mampu mensosialisasikan tujuan dan cita-cita Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat, baik secara individu maupun kelompok.
  8. Mendorong para pelajar Muhammadiyah agar mampu bertanggung jawab terhadap agama dan persyarikatan Muhammadiyah.


     C. Visi Pendidikan Kemuhammadiyahan

Secara bahasa, Visi adalah suatu pandangan, khayalan, dan impian. Adapaun visi dari pendidikan Kemuhammadiyahan adalah Muhammadiyah ingin mencetak pelajar “ulama-intelektual” dan “intelektual-ulama”.
Muhammadiyah ingin mencetak pelajar yang menguasai ilmu-ilmu umum sekaligus menguasai ilmu agama. Dengan harapan, kelak pala pelajarnya mampu menjadi pemimpin yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah (mengamalkan ilmunya dan  beramal sesuai tuntunan Nabi Muhammad saw.) *dari sinilah, KH.Ahmad Dahlan menyelenggarakan pendidikan Muhammadiyah, utk mencapai Visi di atas.

     D. Arti Penting dan Kedudukan Pendidikan Kemuhammadiyahan

Pendidikan Kemuhammadiyahan adalah pendidikan wajib yang harus diterima oleh para pelajar di lembaga pendidikan Muhammadiyah, dan keberadaannya merupakan bagian dari pendidikan Muhammadiyah.

Pendidikan Muhammadiyah adalah semua kegiatan pendidikan yang dilaksanakan oleh semua anggota keluarga Muhammadiyah maupun yang bukan Muhammadiyah, termasuk juga pelajar Muhammadiyah yang dibimbing agar kelak menjadi muslim yang ikut melaksanakan maksud dan tujuan Muhammadiyah.

Perbedaan mendasar dari keduanya adalah:
Pendidikan Kemuhammadiyahan
Pendidikan Muhammadiyah
Wajib diberikan kepada pelajar yang menuntut ilmu di sekolah/perguruan Muhammadiyah saja
Diberikan kepada siapa saja, yakni kader (generasi penerus) Muhammadiyah dan bukan kader Muhammadiyah, dengan harapan bagi yang bukan kader Muhammadiyah besuk ikut mewujudkan tujuan dan cita-cita Muhammadiyah.


E. Janji Pelajar Muhammadiyah:
  1. Berjuang menegakkan ajaran Islam
  2. Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru
  3. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu
  4. Bekerja keras, mandiri, dan berprestasi
  5. Rela berkorban dan menolong sesama
  6. Siap menjadi kader Muhammadiyah dan Bangsa

Sumber:
Pendidikan Kemuhammadiyahan SMP/MTs Muhammadiyah (Majelis DIKDASMEN PWM DIY)

SiMamath

Selamat Pagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar